DIY: Membuat Gelang dari Benang

Hai semuanya.. Aku membuat kategori yang baru di blog ini, yaitu DIY (Do It Yourself). Sesuai namanya, kategori DIY ini akan diisi oleh postinganku yang berisi tentang kerajinan tangan yang kubuat sendiri bersama cara-cara membuatnya. Beberapa tulisanku sebelumnya yang isinya seputar membuat prakarya akan kumasukkan kategori ini juga.

Untuk DIY-ku kali ini, aku membuat gelang dari benang. Kalian bisa menggunakan benang apa saja. Tapi gunakan benang yang agak besar jika ingin gelangnya lebih terlihat. Kalau aku kebetulan menggunakan benang sulam yang tipis karena di rumahku sedang tidak ada benang yang cukup tebal.

image

Bahan dan alat yang kalian butuhkan adalah:

  • Benang (panjangnya di kira-kira sesuai pergelangan tangan)
  • Kancing
  • Karton tebal atau kardus
  • Gunting
  • Spidol
  • image

Cara membuatnya adalah:

  • Ambil karton tebal atau kardus, lalu buat lingkaran yang agak besar. Lubangi bagian tengah karton atau kardus lalu gunting pinggir lubang itu ke arah tengah sebanyak delapan (kira-kira hasil guntingan itu mempunyai panjang 2-3 cm). Tapi jangan sampai menyentuh lubangnya ya.. Karena ini akan menjadi alat pembuat gelangnya.
  • Ambil warna benang yang kalian gunakan, gunting sesuai ukuran yang telah ditentukan sesuai lingkar pergelangan tangan. Kita memerlukan 7 helai benang. Kalian bisa mengambil 4 warna benang yang dilipat menjadi 2 dan dikurangi salah satu benangnya lalu diikat ujunganya menjadi satu. Atau bisa juga memakai 7 warna benang yang berbeda, lalu salah satu ujungnya di ikat bersama.
  • Masukkan ujung benang yang ada ikatannya ke dalam lubang di tengah alat yang telah kita buat. Ikatan itu akan menjadi penahan agar benang tidak tertarik ke atas sewaktu dianyam. Lalu masukkan ketujuh benang masing-masing ke dalam 1 guntingan di pinggir alat itu. Akan ada sisa satu guntingan yang tidak terisi benang.
  • Hadapkan guntingan yang tidak ada benangnya ke arah kita lalu hitung 3 benang di sisi kanan guntingan yang tidak ada benangnya. Di benang ketiga, ambil benang itu dan masukkan ke dalam guntingan yang tidak ada benangnya. Lakukan pekerjaan ini terus-menerus hingga terbentuk semacam anyaman benang di bagian tengah. Hentikan anyaman ketika panjang hasil anyamannya sudah sesuai dengan lingkar pergelangan kita.
  • Setelah selesai, ambil benang yang tersisa lalu ikat dengan kuat. Kemudian masukkan salah satu benang ke dalam lubang kancing sebagai asesoris dan sekali lagi ikat dengan kuat.

image

Tadaa… Gelangnya sudah jadi.. 😊 Memang memerlukan waktu yang agak lama untuk membuat gelang ini, jadi harus sabar ya menbuatnya.. 😁 Gelang ini cocok untuk gelang persahabatan atau untuk diri kalian sendiri. Oya, saat aku menulis ini, mamski juga sedang mencoba membuatnya. Bye-bye..

 

2 thoughts on “DIY: Membuat Gelang dari Benang

  1. Halo Ayunda. Keren DIY gelangnya.. Ntar habis UTS tante mo ajak anak tante buat juga… Dia juga suka bikin craft begini… Eh, kalo ditambah foto karton (foto dari atas) akan lebih jelas. Tadi sy bacanya berkali2 dan baca lambat spy bs ngerti. Hehe… Atau sy yg sudah tua ya? Pokoknya jempol untuk Ayunda ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s