Projek Liburan (3) : Membuat Taman Mini di Pot

Seperti yang kubilang di tulisan sebelumnya, tulisan projek ketigaku akan berganti menceritakan tentang hal yang berhubungan dengan tanaman. Dan hal itu adalah membuant taman kecil di pot 😊

Aku dan mamski mendapatkan ide untuk membuat taman kecil ini dari foto yang mamski lihat dari internet. Kami berencana untuk membuat taman ini sejak sekitar 1 minggu yang lalu. Tapi baru dilakukan hari ini karena kami harus membeli pot yang cukup besar dan tanaman-tanaman kecil, dan mamski baru punya waktu hari ini untuk mengantar membelinya.


Perbedaan taman kecil ini dari taman yang lain adalah karena ukurannya yang mini dan di dalam potnya terdapat miniatur benda-benda. Entah itu boneka kecil, rumah-rumahan, dan lain-lain. Di taman kecilku ini, aku menaruh 2 boneka kecil, 1 rumah-rumahan, bekas bungkus buah yang digunakan untuk jalan setapak, dan 1 wadah kecil yang kubuat menjadi kolam berisi air. Lalu tanaman yang kugunakan adalah bunga Tapak Dara berwarna merah muda agak tua dan putih. Dan juga 5 rumput Kucai seperti yang kutanam di luar rumah. Semua tanaman ini aku yang memilih.

Untuk dasarnya, aku menaruh tanah. Setelah itu, tanamannya ditata. Setelah tanamannya ditata, isian polybag yang berupa tanah dan semacam kulit gabah ditutupi dengan pupuk kompos, baru dihias dengan berbagai benda seperti yang sudah kusebutkan dan juga kulit kerang. Aku juga menata batu-batu putih di pinggir pot untuk mencegah tanahnya keluar-keluar.

Jadi ceritanya disini, Hello Kitty dan Keropi bertetangga. Hello Kitty tinggal di rumah kecilnya yang berwarna hijau, dan Keropi tinggal di kolam kecilnya. Agar tamu-tamu mereka seperti semut, kumbang, kupu-kupu kecil, dan lain-lain tidak tersesat, aku membuatkan tanda petunjuk arah rumah mereka.

Ini adalah beberapa tips membuat dan merawat taman kecil ini.

Tips-Tips Membuat:

  1. Pakai pot yang cukup lebar, sehingga bisa diisi beberapa tanaman kecil dan miniatur benda.
  2. Pakailah juga tanaman-tanaman yang kecil. Untuk jumlahnya terserah, yang penting tanaman-tanaman itu bisa masuk ke dalam potnya. Juga untuk saranku, perbanyak tanaman yang memiliki bunga berwarna-warni dan tahan panas. Apalagi kalau rumah kalian ada di daerah panas seperti aku.
  3. Sebelum menanam, atur dulu tanaman dan miniatur yang akan dimasukkan ke dalam pot. Jadi ketika ditanam terlihat lebih rapi.

Tips-Tips Merawat:

  1. Jika menyiram jangan langsung dituang airnya, melainkan dicipratkan sedikit-sedikit biar tidah merusak tataan tamannya
  2. Jauhkan dari jangkauan hewan! Taman kecilku ini untuk sementara kutaruh di meja kerja papski di teras depan. Karena bila di taruh di bawah, nanti malah dihancurkan sama kucing-kucing liar. Karena memang di sekitar daerah rumahku ada banyak kucing liar. Jadi cukup banyak pot tanaman yang hancur karena kucing-kucing itu. Apalagi kalau mereka lagi kejar-kejaran dan berantem.

 Begitulah ceritaku teman-teman.. Kalau ada yang mau coba, boleh kok. Kalau ada yang punya blog, ceritakan ya bagaimana kalian membuatnya. Akan kutunggu.. 😉

3 thoughts on “Projek Liburan (3) : Membuat Taman Mini di Pot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s