Pengalaman Mengikuti Lomba Storytelling

Halo semuanya 🙂 Hari ini, aku mengikuti lomba story telling. Sesuai lombanya, aku bercerita memakai bahasa Inggris. Aku ikut story telling bersama Mbak Cantik, kakak kelas 5 dan guru pendamping Bu Liz. 

Dua minggu sebelumnya Bu Liz memang sudah bilang ke aku kalau aku diikutkan lomba story telling ini. Jadi aku sudah mencari ceritanya, tapi belum banyak berlatih. Ternyata, saat beberapa hari mau lomba, Bu Liz bilang ke aku kalau ada 4 pilihan cerita dari panitianya, jadi ceritanya tidak bebas memilih sendiri.

Setelah kubaca-baca semua ceritanya, aku memilih yang nomor 4, judulnya The Most Dangerous Creature. Ceritanya tentang raja yang mencari pendapat ke sejumlah sarjana tentang makhluk apa yang paling berbahaya. Saat ia bertanya kepada salah satu sarjana yang paaaling pintar, ternyata makhluk yang berbahaya itu adalah manusia yang mempunyai tabiat jahat dan yang suka menjerumuskan orang lain pada kesalahan.

Berbeda dengan aku, Mbak Cantik memilih cerita nomor 3, yang judulnya The Wise Parrot. Nah, saat latihan hari Jumat itu Bu Liz bilang kalau boleh memakai media seperti boneka, dll ketika bercerita. Diberitahu juga kalau lombanya memakai baju bebas. Jadi di rumah, aku dan mamski menyiapkan medianya. Untuk medianya aku ada 2 boneka tangan, dan 4 gambar yang berhubungan dengan cerita.

IMG_0418.JPG

IMG_0415.JPG

Pagi tadi sebelum diantar mamski ke tempat lombanya, yaitu SMA Muhammadiyah, aku sempat berlatih juga sekali lagi dengan menggunakan alat-alat bantu yang sudah kusiapkan itu. Biar nanti kalau maju tidak salah-salah lagi.

IMG_0416.JPG

IMG_0419.JPG

Aku berangkat dari rumah jam 5.30. Mamski sempat mampir sebentar ke pom bensin untuk mengisi BBM mobil. Aku sampai di SMA Muhammadiyah jam 6.10. Ternyata, saat bertemu Bu Liz, aku diberitahu kalau para peserta tidak diperkenankan untuk membawa media bercerita dan juga harus memakai seragam. Jadi mamski buru-buru kembali ke rumah untuk mengambil baju seragamku. Setelah mamski datang, aku segera berganti baju karena Mbak Cantik juga sudah datang. Ternyata lagi, kata panitianya lomba baru akan dimulai jam 9. Jadi kami harus menunggu beberapa waktu.

IMG_0417.JPG

Saat lomba akan dimulai, ada kejadian lagi soal urutan tampil. Antara nomor urut yang didapat di meja pendaftaran dengan di ruang lomba ternyata berbeda. Di meja pendaftaran aku nomor 9 tapi di ruangan aku diminta tampil pertama hanya karena aku datang lebih awal di ruangan itu.

Jam 9, juri sudah memanggil namaku. Padahal keadaan ruangan masih sangat ribut. Banyak orang mondar-mandir dan peserta-peserta yang baru datang berombongan. Awalnya karena sudah disuruh juri aku mulai bercerita. Tapi suaraku tidak kedengaran karena kelas yang ribut itu. Sampai akhirnya, ayahnya Mbak Cantik protes ke juri karena kasihan melihatku yang tidak diperhatikan juga oleh juri. Beberapa guru sekolah lain juga minta juri mengingatkan orang-orang biar tenang dulu baru memulai lomba. Akhirnya, karena ruangan juga kekurangan tempat duduk, para orangtua termasuk guru pendamping disuruh untuk keluar ruangan. Jadi yang didalam hanya pesertanya. Saat orangtua dan guru disuruh keluar, aku duduk dulu sampai namaku dipanggil kembali.

Ketika namaku telah dipanggil kembali akupun kembali bercerita. Menurutku, tadi aku bercerita cukup lancar. Hanya saja awalnya karena aku nomor 1, aku merasa deg-degan. Tapi ternyata saat maju lama-kelamaan aku juga lebih tenang.

Setelah maju, aku dan Mbak Cantik dipanggil keluar dan langsung pulang. Karena lombanya sampai jam 6 malam nanti. Soalnya pesertanya banyak sekali dari sekolah-sekolah Muhammadiyah sejawa timur. Aku dan mamski dijemput papski dan sebelum pulang sempat mampir makan Es Duren yang yummmyyy…. 😀

Selama lomba tadi, aku jadi belajar banyak hal. Satu, kita harus siap dengan segala sesuatu yang tidak terduga. Misalnya, sudah mempersiapkan medianya, ternyata secara mendadak diberitahu jika tidak boleh memakai media saat bercerita. Kedua, aku sudah pernah mengikuti lomba beberapakali, lama-lama aku akhirnya bisa membedakan panitia lomba yang kerjanya rapi dan yang banyak membuat bingung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s