Ke Museum Angkut

Horeeee liburaaan…..! Teman-teman kemana saja nih liburan sekarang? Kalau aku, 3 hari ini sudah ada beberapa kegiatan.. Hari pertama liburan, saat hari Sabtu aku berfoto-foto memakai Hanbok bersama dengan mamski. Yang memotret papski. Ini contoh hasilnya:

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0445.jpg


Lalu di Hari Minggu, hari kedua liburan aku mengikuti KMNR di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Masih ingat KMNR kan teman-teman? KMNR itu adalah lomba matematika seperti yang pernah kuikuti saat kelas 2 dulu. Dulu, saat kelas 2 aku sampai ke babak Final yang diadakan di Bogor.

Setelah hari kedua itu, kemarin tanggal 22 Desember aku, mamski dan papski berganti acara pergi ke Museum Angkut yang berada di Batu, Malang. Kami berangkat jam 10. Sampai disana, ternyata ada tulisan bahwa parkirnya penuh. Untungnya di seberang Museum Angkut ada semacam tempat parkir tambahan bagi yang mau ke Museum Angkut, jadi kami parkir disitu.

Lalu kami berjalan sebentar dan membeli tiket. Aku, mamski dan papski membeli tiket double, agar sekalian masuk ke Museum D’Topeng. Di dalam gedung museum itu ada banyak mobil, motor, sepeda dan kereta kuda yang ada pada jaman dulu. Di depan kendaraan tersebut ada semacam papan yang menuliskan sejarah dari kendaraan tersebut. Aku membaca beberapa.

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0432.jpg

Setelah itu kami naik ke lantai atas. Di atas suasananya tidak jauh berbeda dengan lantai yang bawah. Tapi bedanya kalau yang diatas ada tebak suara kendaraan. Jadinya nanti ada tombol yang akan membunyikan suara dari kendaraan itu. Lalu diatasnya ada jawabannya yang tertutupi oleh papan yang bisa dibuka-tutup. Sayangnya aku tidak bisa dengar suara kendaraannya yang seharusnya berbunyi. Di lantai atas itu ada banyak juga dipajang jenis- jenis alat transportasi yang lain termasuk perahu.

aku, mamski dan papski berjalan terus sampai masuk di kompleks Batavia. Kompleks Batavia itu ada di ruangan terbuka yang menggambarkan suasana di Jakarta saat jaman dahulu. Jadinya disitu ada Stasiun Jakarta, Kantor Pos dan -lain-lain.

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0434-0.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0435.jpg

Selesai ke kompleks Jakarta kami kembali ke sejarah kendaraan. Di bagian ini dipajang ban yang ukurannya berkali-kali lipat dari ban yang biasanya dipasang di mobil kita!! Aku saja sampai hampir tidak percaya kalau ada ban yang sebesar itu. Karena ban itu juga lebih besar daripada tubuhku. Selain ban, masih agak banyak lagi yang bisa dilihat. Tapi karena yang dipajang hampir sama seperti yang sebelumnya, jadi aku tidak begitu tertarik.

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0433.jpg

Setelah itu kami masuk di kompleks Broadway, Prancis, Jerman dan Berlin. Selesai melewati semua kompleks itu, kami datang ke kompleks Istana Buckingham di Inggris 😊 Jadi disana ada istana yang ditamannya ada air mancur.. Lalu kita masuk ke dalam istananya. Di dalam istana sebenarnya tidak seperti istana pada umumnya. Tapi disitu ada semua foto Raja dan Ratu yang pernah memimpin di kerajaan Inggris itu. Selain itu, didalam itu ada kereta-keretaan, tapi aku tidak naik.

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0441.jpg

Lalu aku, mamski dan papski menuju ke kompleks Hollywood… Diaana kami melihat patung Hulk yang sedang menginjak 2 mobil. Nah, di sebelahnya Patung Hulk itu ada foto yang cukup besar yang bergambarkan perbukitan yang ada tulisannya Hollywood.

Selesai melihat-lihat kompleks Hollywood, kami masuk ke sebuah lorong. Saat mau masuk lorong aku mendengar suara kereta. Ternyata saat masuk kita bisa merasakan guncangan yang biasanya kita rasakan kalau naik kereta. Lalu saat kita melihat jendelanya, ada pemandangan yang menimbulkankan kalau kita benar-benar ada di dalam kereta!

Akhirnya setelah itu kita makan-makan 😉 Kami datang di Pasar Apung yang menjual berbagai macam makanan yang khas Indonesia. Disana kami membeli Soto Betawi. Aku ini pertama kalinya mencoba Soto Betawi, karena memang biasanya aku kalau makan soto selalu Soto Yang ada di Jawa timur. Saat dicoba, rasanya memang enak. Tapi menurutku tetap lebih enak Soto Jawa timur seperti soto lamongan 😀

Setelah makan, kami baru masuk Museum D’Topeng. Di dalam Museum D’Topeng, tidak hanya topeng-topeng saja yang dipajang. Tapi juga benda-benda khas dari suatu daerah yang ada di Indonesia seperti batik, patung, wayang, perhiasan, dan lain-lain. Di tengah-tengah Museum D’Topeng ada pertunjukan keroncong. Di depan panggungnya ada beberapa kursi kecil. Jadi kami duduk disitu sambil beristirahat dan tentunya mendengarkan musik keroncong. Lalu ketika sudah tidak begitu lelah kami berjalan lagi dan akhirnya keluar Museum D’Topeng.

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0436-0.jpg

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0444-0.jpg

Jalan-jalan kemarin menurutku seru karena kami bisa sambil belajar sejarah kendaraan, penghilang rasa lelah sehabis masa sekolah dan tentunya juga bisa mempelajari budaya-budaya yang ada di Nusantara.. 🙂

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/a85/28920958/files/2014/12/img_0442-1.jpg

5 thoughts on “Ke Museum Angkut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s