Berkreasi dengan Plastisin

Beberapa hari ini, aku sedang suka bermain plastisin. Kalau tidak salah mulai hari Jum’at kemarin. Tapi sampai hari ini, aku baru berhasil membuat beberapa bentuk seperti gambar yang ada di bawah ini. Yaitu polisi bebek dan keranjang yang penuh dengan makanan. Ada siomay, permen, dan keripik kentang. Hihihi… Campur-campur ya 😄



Untuk keranjangnya, hari ini kutambahkan jenis makanan di dalamnya dan kubetulkan bentuk keranjangnya menjadi seperti di bawah ini. Untuk jenis makanannya kutambahkan wortel 5 dan tomat 2.



Bagus tidak teman-teman? Kalau menurutku ini adalah karyaku dari plastisin yang paling bagus. Karena bagian yang detil lebih terlihat. Apalagi yang bentuk polisi bebek, itu yang cukup susah. Tapi kalau yang keranjang yang berisi makanan itu membutuhkan banyak sekali plastisin. Gara-gara membuat keranjang yang berisi makanan, plastisinku hampir habis!

Aku suka membuat bentuk-bentuk dari plastisin karena menurutku dapat melatih kreativitas dan imajinasi 😊

8 thoughts on “ Berkreasi dengan Plastisin

  1. Plasticy bagus banget untuk melatih motorik halus dan kreativitas..
    Damai, bikin plasticyn sendiri ajah..
    tante suka bikinkan untuk anak tante.. coba tengok pinterest disana banyak sekali ide kreatif..
    Karena kalo bikin sendiri lebih aman, tidak ada bahan kimia, jadi tenang deh buat anak-anak..
    Mewarnainya pakai pewarna makanan, senang banyak pilihan dan warnanya bisa kita ciptakan sendiri dengan pencampuran..
    tapi lebih bagus lagi kalau pewarnanya alami,seperti pernah pas sekali buat jus buah naga ungu.. sedikit dicampurkan.. ungunya cakep..
    sip.. selamat berkreasi..

      • Nah..
        Kalau tante biasanya sesuai feelin takarannya say..
        Jadi tepung terigu, tepung kanji, air hangat dicampur garam secukupnya, minyak 1 sendok teh..dan pewarna makanan..tapi klo pas lagi bikin jus buah naga bisa tuh dikasi dikit, cantik dengan bintik-bintik hitam..
        eits tapi note yah kalau bikin sndr tidak akan awet, jadi abis main ya dibuang..karena pernah tante lupa buang jadi bau dan berjamur..
        Ada tips juga untuk lebih awet dengan diberi air jeruk nipis..
        nah di uleni lah semua bahan adonan.. sampai dirasa tidak terlalu cair dan tidak lengket ditangan..kalau masi elngket ditambah tepung sedikit-sedikit..

        klo dari hasil gugling sih sbb:
        Bahan:
        1 cangkir (sama dengan 11 gram) tepung terigu
        1 cangkir (236,5 cc) air putih matang
        1 sendok teh minyak goreng
        1/2 cangkir (55 gram) garam
        Pewarna makanan secukupnya, pilih sesuai dengan keinginan balita.

        Membuat adonan:
        1. Aduk semua bahan kering hingga rata.
        2.Tambahkan air dan minyak secara perlahan.
        3. Masak di atas kompor dengan panas sedang sambil aduk terus. Saat adonan sudah mendekati bubur kental, angkat.
        4. Tambahkan perwarna makanan, aduk rata. Setelah hangat dan kalis, bentuklah bola-bola, dan adonan siap digunakan untuk bermain sambil belajar, terutama ketrampilan membentuk.
        http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/bermain.permainan/adonan.plastisin.buatan.sendiri/001/003/38/1/1

        Selamat mencoba..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s