Persiapan ke Final KMNR 9

Alhamdulillah…. Aku masuk final KMNR 9 teman-teman! Aku tanggal 18 malam akan berangkat ke Bogor untuk mengikuti final disana. Kemarin, di SD Al-Hikmah Surabaya aku dan murid-murid dari SD lain yang sama-sama masuk final dari wilayah Jawa Timur ada pembekalan.

Pagi hari setelah bersiap-siap, aku harus menunggu dulu papski yang pergi sebentar. Akhirnya aku membantu mamski menyapu halaman dulu. Setelah papski datang, baru kami berangkat ke SD Al-Hikmah. Mamski tidak ikut pergi ke SD Al-Hikmah karena mamski sedang sakit.

Saat sampai di SD Al-Hikmah, aku menemui teman-temanku yang sudah datang duluan. Setelah semua datang, baru semuanya disuruh berkumpul di kantin sekolah SD Al-Hikmah yang sangaat lebar. Disana kami di beri penjelasan oleh bapak guru entah dari KPM (Klinik Pendidikan MIPA) atau dari Al-Hikmah. Di tengah-tengah penjelasan, bagi murid-murid yang lolos Ke final di suruh berkumpul di kelas. Untuk yang kelas 2 menempati kelas 2 B.

Di kelas, kami diberi pembekalan oleh Ustadzah Feny (maaf kalau penulisan nama salah). Pertama-tama di absen dulu. Ternyata dari kelas 2 banyaaaak sekali yang tidak hadir. Kalau kuhitung, yang hadir hanya 20 anak. Kembali kepembekalan, setelah di absen kami diberi 2 lembar soal. Beberapa soal ada yang sema dengan soal yang diberikan saat Semifinal dulu. Kami mengerjakannya 2 kali, yang satu di buku tulis sekalian menyalin soalnya dan penjelasannya, yang satu lagi di kertas dan tanpa penjelasan. Mengerjakannya juga sambil dijelaskan oleh Ustadzah Feny.

Cara menjelaskannya, awalnya di beri kesempatan dulu untuk murid-murid, siapa tahu bisa mengerjakannya. Tapi kalau tidak ada yang angkat tangan, Ustadzah Feny yang menjelaskan. Aku mau angkat tangan, tapi yang mudah aku selalu keduluan anak lain. Terus, kalau aku mau jawab yang susah, akunya yang nggak bisa. Capek deeh….

Saat sudah waktunya dhuhur, aku shalat di mushola-nya Al-Hikmah. Tapi aku nggak bawa mukena. Untungnya aku dipinjami mamanya Zahra mukena. Jadi aku bisa shalat deh πŸ™‚ Setelah shalat, kami istirahat. Saat istirahat, aku memakan roti yang saat di tengah-tengah mengerjakan soal dibagikan dan memakan nasi ayam yang dibagikan saat istirahat. Setelah makan, masih ada waktu banyak untuk istirahat. Akhirnya aku, Zahra dan Alifia melihat-lihat pajangan-pajangan yang ada di kelas 2 B dan menyalin soal yang belum aku salin. Setelah Ustadzah Feny datang, kami kembali duduk di tempat.

Ustadzah Feny mamberikan lembar soal kedua. Sama-sama dijawab 2 kali, tapi sekarang yang dibuku tulis hanya ditulis penjelasan dan jawabannya saja. Setelah selesai, kami berdo’a terus diberi pertanyaan matematika. Tapi lagi-lagi aku tidak berhasil menjawab. Lalu kami disuruh untuk menunggu adzan dulu baru ke mushola. Setelah adzan, kami keluar kelas dan ke mushola untuk shalat. Kali ini, aku mukenanya pinjam mukena yang ada di musholanya Al Hikmah. Setelah shalat, aku baru menemui papski yang sudah  menunggu di dekat gerbang SD Al-Hikmah.

Saat mengetahui kalau aku lolos ke final itu aku senaaang sekali. Karena bisa sekalian jalan-jalan ke Bogor πŸ˜€