Hari-Hari Saat Liburan: Ke Petirtan Jolotundo

Awal liburan ini aku tidak kemana-mana, karena mamski sibuk mempersiapkan ujian terbukanya. Ujian Terbuka itu ujian terakhirnya orang yang kuliah S3. Jadi di awal-awal liburan aku cuma baca buku atau menonton televisi di rumah. Agar tidak bosan, aku sempat diajak papski ke Petirtan Jolotundo yang ada di Trawas, Mojokerto. Aku kesana bersama nenek, papski, dan mamski. Kami sempat tersesat di jalan, karena cukup jauh dan berliku-liku. Untung akhirnya sampai juga.

Kecil IMG_3781

Petirtan Jolotundo dulunya adalah tempat pemandian para putri, ratu, pangeran, atau raja pada jaman Majapahit. Sekarang Petirtan Jolotundo tetap dijadikan pemandian untuk orang-orang yang percaya kalau air di Jolotundo mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Kalau orang-orang yang tidak percaya, hanya merendam kaki seperti aku, mamski, dan papski. Tapi ada juga orang yang menggunakannya untuk tempat ibadah, khususnya untuk orang beragama Hindu.

Jolotundo 1Di Petirtan Jolotundo juga ada ikannya. Nah, kalau untuk yang mau merendam kaki, tempatnya ya di kolam berisi ikan-ikan ini. Ikannya banyak sekali! Dari dulu, katanya kolam ini memang sudah ada ikannya. Kalau mau mandi, tempatnya ada di 2 kolam yang masing-masing letaknya di pojok, di atas kolam ikan. Kolam mandi yang sebelah kanan hanya boleh dibuat mandi orang yang laki-laki dan yang ada di pojok kiri untuk perempuan.IMG_3808Setelah melihat-lihat Petirtan Jolotundo, aku, mamski, papski, dan nenski pergi ke rumah makan Wardes (warung desa). Wardes ini tidak hanya rumah makan, tapi juga satu kompleks dengan hotel dan tempat wisata lainnya seperti kolam renang, kolam pancing, tempat berkuda, dan lain-lain. Di sana udaranya sejuk, karena Wardes tempatnya juga masih di Trawas yangΒ termasuk kawasan perbukitan.

Wardes 1Saat sudah kenyang, aku jadi ingin berkuda. Jadi, kami semua naik mobil dan menuju ke kandang kuda yang ada di depan hotel. Tapi sayang waktu itu tidak ada penjaganya. Aku dan papski masuk hotel untuk bertanya ke resepsionis tentang boleh apa tidak berkuda di sini. Tapi resepsionisnya juga nggak ada. Jadinya, yaaa…. harus pulang deehhh…. soalnya sudah sore. Sebelum pulang, aku berfoto sebentar di depan tempat kuda-kuda itu πŸ˜€

Wardes 2

9 thoughts on “Hari-Hari Saat Liburan: Ke Petirtan Jolotundo

  1. Ping balik: Jalan-Jalan di Hari Minggu | Blog Ayunda Damai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s