Lomba Menulis di Bulan Bahasa UGM 2017

Beberapa waktu yang lalu, aku mengikuti lomba menulis di Bulan Bahasa UGM 2017. Bagi yang belum tahu, Bulan Bahasa UGM adalah agenda tahunan Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Dalam kegiatan ini, ada berbagai agenda lomba, bincang sastra, teater, yang puncaknya dilaksanakan pada malam penganugrahan penghargaan bagi para pemenang lomba.

Lomba-lombanya sendiri ada bermacam-macam. Ada lomba Menulis Dongeng, Cipta Cerpen, Penulisan Esai, Video Puisi dan Cipta Puisi. Karena tingkat nasional, peserta lomba berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pengiriman hasil karya yang dilombakan bisa melalui pos ataupun email.

Aku mengikuti lomba Cipta Cerpen dan Menulis Dongeng. Pembuatan kedua karya itu sama sekali tidak mudah! Aku bahkan awalnya bingung mau mulai dari mana. Tapi untung mamski menyarankan beberapa ide untukku untuk mencari inspirasi dari pengalaman sehari-hari.

Untuk lomba Menulis Dongeng, judul karanganku adalah ‘Kesombongan Cimol’. Dongeng ini terinspirasi dari salah satu kucingku yang sekarang sudah hilang, yaitu Cimol. Dalam ceritanya, Cimol adalah kucing yang sangat sombong. Lalu di akhir cerita ada seorang tokoh dongeng legendaris Indonesia yang membuat dia tidak sombong lagi! Siapa ya?

Tokoh itu adalah Malin Kundang! Nah, jadi sampai di bagian tertentu dalam tulisanku, aku berpikir bahwa harusnya ada seseorang yang membantu Cimol untuk menyadari perilakunya yang kurang baik. Setelah mencari-cari ide dan gagal, kubiarkanlah dulu dokumen berisi dongeng itu dan kutinggal ke sekolah. Ketika pada sebuah pelajaran di sekolah, aku merasa bosan. Tapi entah kenapa, aku saat itu justru menemukan ide untuk memasukkan tokoh Malin Kundang ke dalam dongengku dan kutulislah begitu aku sampai di rumah kembali. Kenapa kok Malin Kundang, kurasa karena aku butuh tokoh yang pernah mengalami akibat buruk dari kesombongannya, untuk bisa menasehati si Cimol.

Sementara dalam lomba Cipta Cerpen, aku membuat suatu cerita yang berjudul ‘Aku dan Tarian Jawa’. Untuk cerita ini, karena tidak menjadi pemenang, aku sudah menguploadnya di blog ini juga. Cek saja tulisanku sebelumnya jika ingin membacanya ya..

Aku harus jujur, sebenarnya saat aku mau mengikuti lomba ini beberapa bulan yang lalu, aku sempat minder. Sebab pesertanya se-Indonesia, dan bukan hanya sebatas anak-anak SD. Aku takut kalah, entah mengapa. Namun aku sudah membulatkan niatku untuk mengikutinya. Jadi, kusisihkan saja keminderanku, kubulatkan tekad untuk mencari pengalaman saja.

Berminggu-minggu aku menunggu pengumuman. Semakin lama, aku semakin deg-degan saat mengetahui beberapa waktu lagi akan ada pengumuman pemenang lomba. Selama waktu itu juga aku kerap memantau sosial media Bulan Bahasa UGM barangkali ada informasi yang perlu aku ketahui.

Daannnn…… 23 November 2017 kemarin telah keluar hasil pemenangnya! Kebahagiaanku begitu terasa ketika mengetahui bahwa… Aku menjadi pemenang Terbaik 4 pada lomba menulis dongeng!!!

Yeayyy!! Alhamdulillah… Aku senang banget. Apalagi melihat bahwa kebanyakan pemenang menulis dongeng merupakan anak SMP. Tidak bisa dijelaskan perasaanku saat itu. Senang, kaget, campur aduk deh pokoknya!

Sebenarnya kalau aku mau, aku dapat mengikuti malam Penganugerahaan Penghargaannya di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Namun sayangnya aku tidak bisa mengikuti dikarenakan jarak Sidoarjo-Yogyakarta yang cukup jauh, sementara pemberitahuan undangannya yang untuk pemenang lumayan mendadak. Tapi bagiku sudah cukup mengetahui kalau aku menang dan menonton siaran langsungnya via instagram.

Dengan hasil ini, aku menjadi jauh lebih bersemangat untuk menulis. Semoga tulisan-tulisanku juga bisa semakin baik dari waktu ke waktu.

photo_2017-11-23_22-51-06.jpgFullSizeRender.jpg

4 thoughts on “Lomba Menulis di Bulan Bahasa UGM 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s